Laporan Media Pembelajaran
Pembuktian Luas Bola Dengan Menggunakan Tali Tambang
Oleh :
Desmawati (2409049)
Amirullah (2409048)
Rahmi muliani (2409043)
Iznillah (2409
Dosen pembimbing:
Isnaniah m.pd
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
M Djamil Djambek Bukittinggi
2010/2011
I Latar belakang
Seperti yang telah kita ketahui luas permukaan bola adalah 4πr2 dan luas lingkaran adalah πr2, dari dua rumus ini diketahui bahwa luas permukaan bola sama dengan 4 kali luas lingkaran bola.
Untuk menguji kebenaran dari rumus yang telah di ketahui maka kita melakukan pembuktian rumus tersebut dengan harapan pemahaman siswa tidak hanya kenal rumus saja tetapi juga memahami dari mana rumus tersebut dibuat/didapat.
Oleh sebab itu kami mengadakan pembuktian dengan media yang sederhana demi mewujudkan tujuan dari media pembelajaran yaitu siswa mampu berfikir secara abstrak
a. Tujuan pembuatan
Tujuan dari pembuatan media ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pembuktian luas bola, sama dengan 4 kali luas lingkaran yang diameternya sama dengan diameter bola melalui media yang kongkrit sehingga siswa mampu berfikir secara abstrak.
b. Sasaran
Media ini ditujukan kepada siswa SMP
1. Alat dan bahan
Alat: jangkar,pena/ pensil ,gergaji, pisau, gunting serta rol
Bahan: - 2 buah bola berdiameter sama, D=14.5
- tali tambang 14 meter=1400cm
- Styrofoam 60 x 40 cm dan triplek
- Double tip
- Lem secukupnya
2. Cara pembuatan media
a. Sediakan alat dan bahan yang diperlukan
b. Ambil bola I kemudian di belah dan di ukur diameter bola tersebut
c. Cetak lingkaran bola di atas sytrofoam sebanyak 4 buah lingkaran
d. Ambil bola kedua yang menjadi bahan pengujian
e. Ambil tali tanbang yang akan digunakan untuk melilit bola II
f. Gunakan lem/double tip untuk membantu proses melilit bola
g. 4 buah lingkaran yang telah terbentuk dipotong dan di tempel pada styrofoam kedua, sebagai media penyajian
h. Agar media lebih tahan lama dan kuat, styrofoam kedua yang telah ditempel 4 lingkaran berdiameter sama dengan bola, diberi tripleks sebagai alasnya
3. Cara pengunaan
a. Bola II yang masih utuh diberi double tip secukupnya
b. Lilitkan double tip pada bola yang telah diberi double tip dengan cara melilitkan dari atas ke bawah sehingga seluruh permukaan bola tertutupi oleh lilitan tali
c. Lilitan tali pada bola dibuka/ dilepaskan, kemudian ukur berapa panjang tali yang terpakai untuk melilit bola II, dari hasil pengukuran didapat panjang tali =1400 cm=14 m
d. Tali tersebut di bagi 4 sama panjang 1400/4= 350 cm, yang akan digunakan untuk menutupi 4 buah lingkaran yang telah di sediakan
e. Jika tali yang digunakan untuk melilit bola, cukup untuk menutupi 4 buah permukaan
Lingkaran, maka pembuktian dari luas permukaan bola sama dengan 4 kali luas lingkaran terbukti dan berhasil
4. Konsep matematika
Telah kita ketahui bahwa luas permukaan bola L= 4πr2 yaitu sama dengan 4 x luas lingkaran ( πr2), dengan ketentuan jari-jari dari lingkaran dan bola sama
Dalam pembuktian ini diperlukan konsep pengukuran panjang untuk
- Mengukur berapa panjang tali yang di pakai, dan juga konsep luas yaitu luas permukaan bola (L= 4πr2) dan luas lingkaran (πr2)
D bola = 14.5 cm
r= D/2
=14.5/2
=7.25 cm
Luas bola = 4πr2
=4. 3.14. (7,25)2
=660,185 cm
Pembuktian dengn tali
Panjang tali yang terpakai =1400 cm
Maka 1 lingkaran membutuhkan= 1400/4=350 cm
5. Kesimpulan
Dari pembuktian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa rumus luas permukaan bola (4πr2) terbukti sama dengan 4 kali luas lingkaran (πr2) dengan syarat jari-jari lingkaran sama dengan jari-jari bola.








Tidak ada komentar:
Posting Komentar